Indeks Berita


4 Tahun Usia PT BHMN

Posted by admin on 2005-01-31 22:05:33

Atas Prakarsa Rektor UI Prof.Dr. Usman Chatib Warsa, Sp.MK., PhD, Rabu Malam (26/01) diperingati 4 tahun berdiri Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN).Enam Rektor (UI, IPB, ITB, UGM, USU dan UPI) bersama Dirjen Dikti Depdiknas Prof.Dr. Satrio Soemantri Brodjonegoro secara bersamaan meniup lilin dan kemudian memotong kue ulang tahun. Acara berlangsung ditengah-tengah pertemuan Koordinasi PT BHMN Rabu malam (26/01) di Kampus Depok. Dalam sambutannya Rektor UI berharap, dengan adanya 6 Perguruan tinggi Indonesia yang mempunyai status Badan Hukum Milik Negara (BHMN), diharapkan mutu pendidikan semakin baik, sehingga dapat menangkal serbuan perguruan tinggi asing yang membuka cabangnya di Indonesia. Bahkan bisa “berbicara” di tingkat internasional.

Seperti diketahui, pada tanggal 26 Desember 2001 keluar Peraturan Pemerintah (PP) yang menunjuk 4 perguruan tinggi (UI, IPB, ITB dan UGM) berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Perbedaan yang besar dengan status sebelumnya, yaitu PT BHMN dapat mengelola aset, SDM dan keuangannya secara lebih otonom. Tiga tahun kemudian dua perguruan tinggi lainnya berstatus BHMN pula, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI d/h IKIP Bandung).

Berdasarkan penilaian Depdiknas yang disampaikan Dirjen Dikti, selama 4 tahun BHMN berjalan, sudah terlihat akuntabilitasnya dalam setiap keputusan dan tindakan. Dari segi prestasi banyak perubahan serta partisipasi dari stakeholder juga bagus. Keleluasaan dan kewenganan sudah menjadi keniscayaan di perguruan tinggi bersangkutan. Meskipun kesannya lambat, tetapi terlihat ada perubahan.. Secara bertahap PT BHMN akan mengarah kepada bentuk yang ideal sesuai dengan keinginan perkembangan jaman. Yang sangat diperlukan adalah satu kepemimpinan yang kuat dan kompak,baik di Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA), maupun Eksekutif (Rektor/Wakil Rektor).